Sabtu, 12 November 2016

Sistem Penglihat Komputer dalam Mengidentifikasi Objek (Bujur sangkar, Lingkaran, Persegi, dan Segitiga)


Halo guys, Hari ini saya akan berbagi  ilmu tentang Materi kuliah Sistem Penglihat Komputer (Computer Vision). Melalu blog ini akan menjelaskan bagaimana cara komputer tahu dalam mengidentifikasi sebuah objek bujursangkar, Lingkaran, Persegi dan Segitiga.

Langsung saja teman-teman, tentu dalam mengidentifikasi objek2 ini kita akan melakukan stepping Stone.

Langkah-langkah :


  • Pertama menangkap gambar (baik itu hasil scan atau foto
  • Koversi grayscale ke citra biner
  • Segmentasi Objek ke bentuk dasar
  • Penelusuran pixel tepi
  • Deteksi ciri
  • Pengenalan ciri
  • Deskripsi objek     
   
        Flowchartnya kiri2 seperti ini

Dengan menggunakan Chain Code kita bisa melakukan deteksi pada objek dan kita bisa memberi informasi kepada komputer untuk mengetahui objeknya.

1. Lingkaran







555555 44 33333 22 11111 00 77777 6.
Lalu hasil ini disimpan di database bahwa ini adalah lingkaran 

2.  Bujur Sangkar

444444444 222222222 000000000 666666666
Lalu hasil ini disimpan di database bahwa ini adalah Bujur sangkar.

3. Persegi

















4444444 22222222222 0000000 66666666666
Lalu hasil ini disimpan di database bahwa ini adalah Persegi.


4. Segitiga





















4444444444  2222222222 77777777
Lalu hasil ini disimpan di database bahwa ini adalah Segitiga.

Jadi kira-kira seperti itu, mudah-mudahan bermanfaat guys..
Thanks you..

Baca juga : 








Previous Post
Next Post

1 komentar: