Senin, 09 Oktober 2017

Rekayasa Perangkat Lunak Menyimpulkan Requirement Gathering Kasus Sistem Informasi Pergudangan TRANS HOME Yogyakarta





REKAYASA PERANGKAT LUNAK  MENYIMPULKAN REQUIREMENT GATHERING
KASUS SISTEM INFORMASI PERGUDANGAN TRANS HOME YOGYAKARTA 

I.          Kesimpulan Requirement Gathering
a.    Kebutuhan Fungsional
               Berikut adalah kesimpulan kebutuhan fungsional yang harus dipenuhi oleh sistem, dalam hal ini adalah sistem informasi inventori barang gudang Trans Home Yogyakarta. Sistem dapat memanejemen data, yaitu: memasukkan data, mengedit data dan menghapus data, menginformasikan kode barang, nama barang dan jumlah stok yang ada di gudang, sehingga mempermudah dalam pencarian data barang tertentu dan juga jumlah stok barang yang masih ada di gudang serta dapat menginformasikan jumlah barang yang masuk ke gudang dan jumlah barang yang keluar dari gudang.

b.    Kebutuhan Non Fungsional
                         Berikut beberapa kebutuhan non-fungsional yang nanti harus dipenuhi oleh sistem.
1.    Tampilan menarik sehingga terlihat efisien dan mudah baik dari sisi grafisnya maupun dari sisi user yang menggunakannya.
2.    Interaktif cepat efisien serta ringan saat diakses tidak membuat lambat dan merepotkan.
3.    User friendly, bersahabat dan simple.
4.    Keamanan. Dapat dikontrol dimana saja dan kapan saja.


II.          Proses Bisni dari SOP yang berkaitan dengan permasalahan.
1.    Proses Bisnis Permintaan Barang Bahan Baku. 
2.    Proses Bisnis Penerimaan Barang Bahan 
3.    Proses Bisnis Penerimaan Barang Bahan 

III.     Data Flow Diagram (DFD)
1.    Konteks Diagram
       2.    DFD Level 1
 
IV.     Kamus Data
1.      Elemen Name             : Data Barang
Alias                           : Data Barang
 Format                        : Nama Barang, Ukuran, Warna, Jumlah, Kode Barang.
2.      Elemen Name             : Data Barang Bahan Baku
Alias                           : Barang Baku
Format                        : Kode Barang, Nama Barang, Ukuran, Warna, Jumlah,  dan jenis barang.
3.      Elemen Name             : Laporan Pesanan Barang
Alias                           : Data Pesanan
Format                        : Kode Barang, Nama Barang, Ukuran, Warna, Jumlah, dan jenis barang.
4.      Elemen Name             : Data Customers
Alias                           : Data Pembeli
Format                       : Id Pembeli, Alamat, Nomor transaksi, Jumlah barang yang dibeli.
5.      Elemen Name             : Data Ruang
Alias                           : Ruang
Format                        : Nama Ruang, Kapasitas.
6.      Elemen Name             : Return Barang
Alias                           : Return
Format                       : Kode Barang, Nama Barang, Jumlah barang return, Alasan, Lokasi, Id nama Customers,
7.      Elemen Name             : Laporan Semua data barang
Alias                           : Semua data barang
 Format                        : Kode Barang, Nama Barang, Ukuran, Warna, Jumlah, jenis barang, id karyawan yang melaporkan, nama karyawan dan
8.      Elemen Name             : Data Transaksi
Alias                           : Data Transaksi
Format                       : Kode Transaksi, Tgl transaksi, Kode Barang, Nama Barang, id karyawan yg melakukan transaksi, Id Customers, Lokasi, Ukuran, Warna, Jumlah, dan jenis barang dan Keterangan.
9.      Elemen Name             : Simpan semua Data Barang
Alias                           : -
Format                        : Kode barang, nama barang, jumlah, warna, jenis.
10.  Elemen Name             : Laporan Pengiriman Barang
Alias                           : -
Format                       : Kode barang, nama barang, jumlah, warna, jenis, nama Petugas pengirim, Tgl Pengiriman, Lokasi Pengiriman, alamat.


Previous Post
Next Post

0 komentar: